Tuesday, November 5, 2013

Sebelum Tidur

Jarum jam menunjukkan pukul 9.40 malam. Bagi sebagian orang ini waktunya untuk beristirahat setelah lelah seharian beraktifitas. Sementara bagi sebagian yang lain justru waktu ini baru memulai aktifitas baik untuk bekerja, belajar atau sekedar menghabiskan waktu untuk pesiar. Sekarang lagi marak night market (pasar malem entah di kampung atau di mall, istilahnya mid night sell). Wisata malam juga mulai digalakkan di beberapa tempat.
Baiklah kita bahas yang pertama saja, dimana sebagian manusia sedang bersiap unntuk istirahat. Di waktu kecil, orang tua sering mengingatkan beberapa hal sebelum tidur, diantaranya: cuci tangan, cuci kaki, gosok gigi, bersihkan tempat tidur, berdoa, dan jangan lupa yang masih sekolah kerjakan PR dulu.
Dalam setiap perjalanan waktu yang kita lalui, dalam desahan nafas yang terhembus, dalam detak jantung yang terus bedetak terdapat rangkaian kewajiban sebagai manusia. Ada banyak aktifitas yang dalam agama ISlam bisa dinilai ibadah sebelum tidur, diantaranya:
1. Dianjurkan untuk membersihkan tempat tidur. Manfaatnya selain kebersihan, kita juga terhindar dari benda-benda yang mungkin melukai ketika tidur.
2. Berwudhu. Selain bernilai pahala ibadah, berwudhu juga bisa menjaga kebersihan anggota badan yang telah seharian beraktifitas.
3. Berdoa, banyak doa yang diajarkan sebelum tidur. Selain doa juga beberapa bacaan yang dianjurkan diantaranya, membaca Ayat Kursi, Surat Al Ikhlas, Surat Al Falak, Surat An Nas, Surat Al Kafirun, bagian akhir dari Surat Al Baqarah.
4. Mematikan lampu, api, kompor, lilin yang berpotensi menimbulkan kebakaran
Sebelum tidur ternyata bukan sekedar aktifitas rutin semata yang berjalan tanpa makna dan manfaat. Sebaliknnya sebelum tidur memiliki banyak manfaat, bernilai ibadah, keamanan, kesehatan dan lainnya.
semoga bermanfaat, sebelum tidur

No comments:

Post a Comment